Makhluk Hidup

A.Ciri-Ciri Makhluk Hidup
1. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan
     Tahukah kamu mengapa makhluk hidup harus makan? Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Ikan memerlukan makanan sebagai   sumber tenaga. Jika ikan tidak diberi makan, tubuhnya akan menjadi lemas. Jika dibiarkan terus menerus,

ikan akan mati.
Manusia memakan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Hewan memakan makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan lainnya. Bagaimana dengan tumbuhan? Tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Akan tetapi, tumbuhan dapat membuat sendiri makanannya. Tumbuhan membuat makanan nya di dalam daun.
     2. Makhluk Hidup Bernapas
Pernahkah kamu menahan napas selama 10 detik? Apa yang kamu rasakan? Saat kamu menahan napas dadamu akan terasa sesak. semua makhluk hidup bernapas.
Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Oksigen diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Pem bakaran zat makanan menghasilkan energi (tenaga).

3. Makhluk Hidup Bergerak
Pernahkah kamu memerhatikan seekor kucing? Apakah kucing itu selalu diam atau bergerak? Kucing termasuk makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Kucing bergerak dengan berjalan, berlari, dan melompat. Bagaimana dengan tum buhan? Bagaimana cara tumbuhan bergerak?
Seperti manusia dan hewan, tumbuhan juga bergerak. Akan tetapi, gerakan tumbuhan tidak seperti manusia dan hewan. Ada tumbuhan yang bergerak mengarah ke sumber cahaya.
4. Makhluk Hidup Tumbuh
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Hewan dan tumbuhan mengalami
pertumbuhan. Mari perhatikan gambar pertumbuhan kucing dan pertumbuhan tanaman kacang Pertumbuhan berarti ada perubahan dari kecil dan menjadi besar. Anak kucing yang sebelumnya kecil menjadi besar setelah beberapa bulan. Biji kacang merah yang asalnya tidak berdaun menjadi berdaun. Pertumbuhan berarti bertambah berat, bertambah tinggi, bertambah banyak, dan bertambah besar.
5. Makhluk Hidup Berkembang
Biak
Pernahkah kamu melihat jerapah? Tahukah kamu bagai mana jerapah berkembang biak? jerapah berkembang biak dengan cara melahirkan. Tahukah kamu apakah berkembang biak itu? Berkembang biak artinya memiliki keturunan. Makh luk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang ber telur, beranak,
berbiji, dan bertunas.

6. Makhluk Hidup Menerima
dan Menanggapi Rangsang
Pernahkah kamu ter kejut ketika dikagetkan te manmu? Rasa kaget merupa kan bukti bahwa makhluk hidup tang gap ter hadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan juga menerima dan menanggapi rang sang an seperti manusia. Nah, setelah dijelaskan pada uraian sebelumnya, kamu tentu tahu perbedaan antara makhluk hidup dan benda mati.
B.Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Ciri- Cirinya
Tahukah kamu bagaimana cara mengelompokkan
hewan dan tumbuhan? Para ilmuwan
mengelompokkan hewan dan tumbuhan
berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimilikinya.
Pengelompokan tersebut me mudahkan
mempelajari hewan dan tumbuhan
1. Pengelompokan Hewan
Hewan dapat dikelompokkan berdasarkan
ciri-ciri ter tentu. Misalnya, berdasarkan tempat
hidupnya, jumlah kakinya, jenis makanannya,
cara geraknya, dan penutup tubuhnya.
a. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Tempat Hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya, hewanhewan di kelompokkan menjadi tiga kelompok. Ada hewan yang hidup di darat. Contohnya ayam, sapi, dan domba. Ada hewan yang hidup di air. Contohnya ikan, cumi-cumi, dan kerang. Ada juga hewan yang hidup di darat dan di air. Contohnya katak.
b. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Jumlah Kakinya
Hewan-hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah kakinya. Burung dan ayam merupakan contoh hewan berkaki dua. Kucing, kambing, sapi, dan harimau merupakan contoh hewan berkaki empat.
c. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Jenis Makanannya
Pernahkah kamu mengamati hewan yang sedang makan ? Hewan dapat dikelompokkan berdasarkan jenis makanannya. Ada hewan yang memakan tumbuhan, seperti sapi dan kelinci. Ada juga hewan yang memakan hewan lainnya, seperti kucing dan harimau.
d. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Cara Geraknya
Pernahkah kamu mengamati cara gerak hewan-hewan di sekitarmu? Apakah cara gerak hewan tersebut sama? Hewan dapat dikelompokkan berdasarkan cara geraknya. Burung merpati, lebah, dan kupu-kupu bergerak dengan cara terbang dan berjalan. Sapi, kambing, kucing, dan harimau bergerak dengan cara berjalan dan berlari.

e. Pengelompokan Hewan Berdasarkan
Penutup Tubuhnya
Pernahkah kamu memperhatikan penutup tubuh hewan? Hewan-hewan mempunyai penutup tubuh yang berbeda-beda, seperti rambut, bulu, sisik, dan cangkang. Penutup tubuh hewan berguna untuk melindungi tubuhnya agar tidak terluka. Berguna juga menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Penutup tubuh hewan menyesuaikan dengan lingkungan hidupnya.
2. Pengelompokan Tumbuhan
Tahukah kamu bagaimana cara mengelompokkan
tumbuhan? Tumbuhan dapat
dikelompokkan berdasarkan tempat hidup,
bentuk daun, dan jenis batangnya.
a. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan
Tempat Hidupnya
Berdasarkan tempat hidupnya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di darat dan tumbuhan yang hidup di air. Eceng gondok dan bunga teratai merupakan contoh tumbuhan yang hidup di air. Sedangkan pohon rambutan, pohon mangga, dan pohon pisang merupakan contoh tumbuhan yang hidup di darat.

b. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Daun
Pernahkah kamu mengamati bentuk-bentuk daun pada tumbuhan? Apakah bentuk-bentuk daun itu sama? Kamu dapat mengenal suatu jenis tumbuhan dengan mengamati bentuk daunnya.
Setiap tumbuhan mempunyai bentuk, ukuran, dan warna daun yang berbeda. Daun ketela per mukaannya halus dan bentuknya seperti jari. Daun rambutan bentuknya ramping dan agak memanjang. Daun teratai berukuran besar dan bundar serta tepi daunnya bergerigi.

c. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan
Jenis Batangnya

Pohon pisang memiliki batang tidak berkayu. Biasanya batan tidak berkayu bersifat lunak, mengandung air, dan memiliki rongga. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu adalah pohon mangga. Batang berkayu bersifat keras dan biasanya berwarna cokelat serta berukuran besar.

C.Kebutuhan Makhluk Hidup

Semua makhluk hidup membutuhkan
makanan, minuman, dan udara.
Apakah yang kamu rasakan jika tidak makan
dan tidak minum selama beberapa hari? Kamu
akan merasa lemas, bukan? Tahukah kamu
mengapa tubuhmu lemas jika tidak makan dan
tidak minum?
Fakta IPA
Makanan dan minuman merupakan sumber
energi bagi manusia. Energi ini berasal dari
hasil pembakaran makanan dan minuman di
dalam tubuhmu. Dengan energi kamu dapat
melakukan kegiatan.
Tumbuhan pada musim kemarau banyak
yang mati kekeringan karena tidak ada air.
Tumbuhan akan subur jika tidak kekurangan air.
Tumbuhan bernapas menghirup oksigen.
Hewan makan dan minum untuk bertahan
hidup. Hewan juga bernapas seperti manusia.
Hewan memerlukan tempat tinggal untuk
melindungi diri dari cuaca, seperti hujan dan
teriknya sinar matahari, serta ancaman hewan
lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »